Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP Terintegrasi TIK Di Portal Rumah Belajar

Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Selain itu, kegiatan pembelajaran yang disusun di RPP dapat memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian siswa sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tertanggal 4 Mei 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, mengatur tentang berbagai kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik, baik yang bersifat kompetensi inti maupun kompetensi mata pelajaran (Depdiknas, 2007). Bagi guru pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), baik dalam tuntutan kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesional, berkaitan erat dengan kemampuan guru dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran secara memadai.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mencanangkan portal Rumah Belajar dengan alamat url http://belajar.kemdiknas.go.id pada peluncuran program layanan TIK pembelajaran tanggal 15 Juli 2011 (Kompas.com). Portal Rumah Belajar menyediakan berbagai bahan belajar dan fasilitas komunikasi serta interaksi antarkomunitas pendidikan. Portal ini juga berisi bahan belajar untuk guru, bahan belajar siswa, wahana aktivitas komunitas/forum, bank soal, katalog media pembelajaran, dan template RPP. Oleh karena itu, portal Rumah Belajar diharapkan dapat membantu meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru khususnya dalam peningkatan kemampuan guru di bidang pengembangan RPP.

Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP terintegrasi TIK ini merupakan buku yang menjelaskan langkah atau cara membuat RPP di portal Rumah Belajar yang mencakup cara masuk ke portal Rumah Belajar, pengisian template RPP, cara memperbaiki atau menyempurnakan RPP yang sudah dibuat dengan cara mengunggah (upload) RPP yang telah diperbaiki/disempurnakan. Informasi penting lainnya yang akan diuraikan adalah pengertian tentang RPP dan RPP terintegrasi TIK.


Download Berkas Administrasi Guru terbaru lainnya :

    0 Response to "Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP Terintegrasi TIK Di Portal Rumah Belajar"

    Post a Comment

    Powered by Blogger.